Freelance Online

beberapa minggu yang lalu sempat bantuin danang menyampaikan dalam sebuah seminar. Seminar? ga salah ketik mas? nggak!!. Freelance online menjadi tema sentral sore itu, sekitar jam 15.15 acar dimulai, 15 menit terlambat dari jadwal acara semestinya.  Perkenalan oleh mbak ima dan ipung menjadi sesi pertama, kemudian disusul sesi ku , sesinya danang kemudian disusul penutupan. Saya menyampaikan materi tentang persiapan, plus minus, dan mungkin lebih kearah attitudemejadi online freelancer. Mungkin ini lebih layak dsebut sebuah sharing daripada seminar. Saya hanya pemula dan lebih banyak orang yang pantas dan berhak membicarakan trik dan tips online freelancer daripada saya. Tetapi saya rasa sharing ini juga buka suatu dosa, saya hanya mencoba berniat membagi, semoga para peserta sharing mendapat sedikit pencerahan dan saya sudah berusaha membantu menyebarkan ilmu yang saya miliki.

well, kenapa sih banyak orang menginginkan menjadi online freelancer?. Saya akan sedikit menjawab sesuai sisi subjektif saya. Online freelancer menjanjikan sebuah alat tukar yang biasa kita sebut uang dalam bentuk dollar. Selain kerja tanpa harus capek-capek terkekang oleh jam kantor dan keribetan lain waktu ngantor, online freelancer akan mendapatkan imbalan dollar yang tentunya sangat menggiurkan. Dalam project sebuah logo saja biasanya charge standar adalah 50 – 100 $ US. Wow memang sekali kerja kita sudah mendapatkan separuh gaji perbulan dari bekerja di kantor biasa.

Selain itu online freelancer di indonesia tidak akan dikenakan Value tax added ( pajak penghasilan ). Karena duit akan masuk rekening tanpa terdekteksi oleh negara, kalaupun kena tax,  sebagian besar sudah dibayar oleh klien waktu mereka mengirimkan duit ke kita.sehingga kita benar-benar mendapatkan penghasilan yang bersih. online freelancer di belanda misalnya, harus mikir-mikir juga untuk menjadi freelance, kenapa?. Hampir semua klien di belanda menanyakan VAT ( value tax added ) ato npwp klo di indonesia sebelum bekerja dengan para frelancer. Pajaknya pun cukup menggila 19% dari payment klo ga salah ( thanks ras atas infonya ). Mungkin klo di Indonesia pajak digunakan sebagaimana mestinya, tentu rakyat dan saya khususnya akan membayar pajak dengan baik, tingginya angka korupsi di negara ini sudah sangat mengganggu pendengaran saya. Udah kaya, korupsi, korupsi uang rakyat lagi, dasar bajingan…

Selain bebas pajak, kemungkinan kedua banyak bermunculannya online freelancer adalah penghargaan terhadap ilmu seseorang sangatlah rendah. Gaji seorang desainer grafis, dimana telah menjadi kerjaan yang saya geluti sejak 3 tahun yang lalu,  katakanlah art director di jogjakarta dimana saya sekarang berdomisili boleh dikatakan rendah. Bukan meninggikan derajat atau palah namanya. Gaji AD atau GD di jogja mungkin masih berkisar 800 – 1,5 jt. rendah apabila dibandingkan dengan kerja peras otak kita. Sebuah agency besar mungkin mendapatkan penghasilan 1 M atau katakanlah puluhan juta, tetapi sangat kontras dengan salary graphic desainernya atau AD nya. Padahal tanpa tenaga creative agency itu hanya sampah, tak berguna. Tapi nasi mungkin telah menjadi bubur, susah merubah sistem yang sudah outstanding, apalagi hanya oleh saya….hahah, becanda bang mau merubah dunia.

tapi persetan dengan itu…

saya mempunyai cita-cita bekerja di biro adv….

banyak harapan yang saya tumpukan disana, yaitu mendapatkan pengalaman berbeda, klo bosen ato gak cocok yang resign aja gampang….

ah sudahlah semoga dengan menjadi online freelancer ( termasuk saya ), tidak dikatakan sebagai pengkhianat negara, menari-nari diatas penderitaan orang lain yang kini sedang mengalami resesi global. Kalau sudah berani mengatakan online freelancer adalah pengkhianat bangsa – mencari pekerjaan di luar indonesia – maka anda harus mempertanggung jawabkan omongan anda dengan, memberi salary yang cukup, penghargaan ilmu pengetahuan yang pantas, dan rubah sistem negara ini biar ga tambah korup..

sudahlah

saya mau malam mingguan dulu..

udah jam 8 malam

2 thoughts on “Freelance Online”

Leave a Reply

