Rendahnya Penghasilan Desainer Grafis

Menjelang selesainya masa kuliah saya, yang diharapkan bapak dan ibu kumlot, saya riwa-riwi membelah kota baciro-sewon. Seiring dengan membelah kota, saya juga menyempatkan untuk thingak-thinguk menyalakan radar dan mengcapture kimcil-kimcil yang makin bersliweran dengan anggun. 45 menit sudah melewati baciro, tamsis, prawirotaman, paris dan sewonnnnn akhirnya nyampe kampus juga, sepi. Sambil menunggu ketemu pak Prayanto, menyempatkan mengobrol dengan teman angkatan baru adalah sesuatu yang asyik dan membuat saya seperti alien. Tibalah mak tratap keluar pertanyaan ` mas, ngrasain gak mas, kalau sekarang jadi desainer grafis itu saingannya makin banyak dan otomatis menurunkan pengahasilan sekaligus meningkatkan saingan kita nantinya…`…..errrrrr. Pertanyaan dan penyataan seperti itu seringkali saya dengar dan saya lewatkan saja, walau akhirnya menjadi residu dan menimbulkan semacam perasaan`oh, iya aku pernah dengar penyataan ini` ketika saya dengerin curhatan sekaligus pentanyaan teman angkatan baru ini.
Apakah benar bahwa menjadi desainer grafis itu penghasilannya kecil? Mas kok saya kemarin bikin logo cuman dibayar 200 ribu dan sepertinya ungkapan lain juga sering saya dengar live dengan kedua kuping saya dan dua mata saya. Berbicara masalah uang tentunya akan sangat relaltif besarannya antar personal, setiap personal punya standar tentang kata-kata banyak di dalam benak masing-masing. Tetapi akan sedikit berbeda ketika sedikit tadi dikomparasikan dengan sebuah objek penderita misalnya Sagmeister atau dengan desainer grafis lain misalnya milton glaser ataupun dengan Ong Hari Wahyu, semua akan sngat berbeda. Apabila kita mau sedikit menelisik tentang sejarah mereka, tengoklah steve jobs yang memulai sesuatu dari sangat awal, dari garasi rumah, menjual mobil dan ketika perusaan udah `yoi benjet` jobs dipecat dari sesuatu yang ia dirikan sendiri dari sekotak garasi, atau katakanlah tokoh muda paling kaya dibawah 30 tahun menurut majalah time, mark zuckenberg ( salah kayanya tulisannya) bagaimana memulai fesbuk dengan berdawrah-dawrah juga, mari kita sesekali menengok histori mereka. Semua orang tentunya mengalami proses berdarah-darah dengan sesuatu yang mereka gemari, dan mereka interest didalamnya, sesuatu dan tidak bukan adalah tentang bagaimana setiap orang bisa berkembang dengan sesuatu yang ia cintai. Keberhasilan hanyalah sebuah hadiah dari keseriusan kita, terdengar klise dan so so so so so klise, tapi saya lebih percaya ini slowly buat deadly.
Jadi mungkin sebelum kita mengucap tentang value, dimana value diwakili dengan uang adalah intinya, mari kita melihat kembali, seberapa kita mencintai dan seberapa waktu dan pikiran yang kita korbankan untuk mengembangkan interest kita. Sebelum menyatakan bahwa penghasilan desainer grafis rendah, mari kita tengok sudah ngapain aja kita untuk desain grafis, sehingga kita pantas untuk diberikan imbalan yang berlebih, money dont lie.
Apakah saya pernah mengalami hal-hal tidak mengenakkan semacam ini, semua desainer grafis saya rasa pernah mengalami semua yang tidak mengenakkan ini..
..even itu milton glaser..

selamat senin dan selamat menjelang tahun baru

One thought on “Rendahnya Penghasilan Desainer Grafis”

Leave a Reply

