Dogma tak kreatif di website BUMN

Dari setiap website pemerintahan kenapa selalu melihat hal yang repetitif. Format yang sering digunakan adalah ada sidebar di kanan atau kiri, sliding image gallery yang sempat ngetrend tahun kemarin atau 2 tahun lalu, masih digunakan dengan pas-pasan. Faktor pembaharuan konten juga labil, mungkin pembaruan konten dilakukan kalau sedang ingat punya website. Hampir 50% dan lebih, warga perkotaan menggunakan internet sebagai tempat mencari info, apalagi berkaitan dengan BUMN, ketika akan berurusan dengan kementerian dan struktur dibawahnya. Website-website di pemerintahan selalu penuh dengan informasi yang bisa jadi penting, sayang penyampaian tidak dengan cara yang mudah untuk diakses, grafis pendukungnya juga seadanya saja, dan tentu saja engine yang digunakan sepertinya template joomla, wp atau blogspot.
Di jaman 2012 yang katanya dikenal sebagai jaman ekonomi kreatif, tapi internal para BUMN sendiri jarang terupgrade berkaitan dengan kebaruan. Website sepertinya digunakan hanya sebagai alat komunikasi ke 14 oleh badan pemerintah. Sebuand brand biasanya terdapat seorang atau lebih brand manager yang bertanggung jawab atas kelangsungan dan pencitraan brand, nah di BUMN seperti sekarang adakah seorang yang mempunyai tanggung jawab untuk memegang citra BUMN itu sendiri. TUduhan saya meluruskan bahwa yang berkaitan dengan urusan pencitraan seperti website dan poster sebuah program dikendalikan oleh orang yang punya jabatan yang tinggi. Saya rasa tidak sedikit para petinggi yang memanfaatkan website untuk membeli barang mewah, ebay atau amazon, tentu demikian mereka pernah merasakan pengalaman menggunakan website.
repetitif dan malas mengupdate diri sepertinya emang bencana yang melanda BUMN, walau disamping itu ada bencana korupsi yang masih berlangsung

dibawah juga ada skrinsut halaman beranda website-website BUMN Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s